Welcome to chemtutorial.blogspot.com

Seiring perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini cekup memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan ilmu pengetahun baik di bidang sains maupun ilmu sosial dan ekonomi. ChemTutorial mencoba hadir untuk menyuguhkan berbagai informasi perkembangan kimia baik bersifat teoritis maupun terapan.harapan kami semoga bermanfaat bagi guesst.

Thursday, February 19, 2009

Perkembangan Kimia di Internet

Dalam rentang 10 – 15 tahun terakhir kita menyaksikan perubahan dan perkembangan informasi kimia yang semakin dahsyat, terutama akibat kemajuan teknologi informasi dalam hal teknik penanganan dan pemrosesan informasi kimia. Penyelenggara pendidikan tinggi pun menyambut perkembangan ini dengan memasukkan kuliah pustaka kimia bagi para mahasiswanya dalam kurikulum yang wajib diambil.

Para ilmuwan dari berbagai cabang keilmuan memerlukan komunikasi yang lebih baik di antara mereka agar dapat mengikuti perkembangan terakhir di bidang penelitian mereka. Mereka melakukannya dalam pertemuan-pertemuan ilmiah dan juga berkorespondensi secara intensif.

Sarana yang sering digunakan oleh para ilmuwan adalah pustaka primer. Permasalahan yang muncul adalah berlimpahnya terbitan pustaka primer tiap tahunnya yang menyebabkan para ilmuwan sulit mengikutinya. Bayangkan, setiap tahun terdapat lebih dari 400.000 makalah dan 100.000 paten yang diterbitkan!

Penguasaan informasi perkembangan penelitian kimia terbaru mutlak diperlukan oleh para peneliti sehingga dapat mengikuti perkembangan dan arah perkembangan baru di bidangnya. Hal itu bisa dilakukan jika mereka mengikuti pustaka-pustaka baru yang diterbitkan. Bagaimana hal ini dapat dilakukan ? Seorang kimiawan tentu saja tidak akan mampu membaca banyak majalah kimia yang diterbitkan pada saat yang sama. Majalah yang dibaca oleh seorang kimiawan rata-rata sedikit, mungkin hanya sekitar 10 – 15 majalah saja. Sebagian besar majalah hanya meliput topik-topik khusus sehingga para kimiawan dapat membatasi jumlah majalah yang diminatinya. Informasi mengenai perkembangan terbaru penelitian kimia dapat pula dicari dalam pustaka sekunder (indeks makalah, kumpulan abstrak, atau lembar informasi) yang merujuk kepada pustaka asal dari topik-topik diminati

selengkapnya kunjungi: http://www.pdii.lipi.go.id/menjelajahi-ilmu-kimia-di-internet.html

No comments:

Post a Comment